Dana Desa Harus Dilaksanakan Secara Swakelola

Ketua TPK Dana Desa Luwungbata memimpin rapat penjaringan calon tenaga kerja kegiatan pembangunan yang bersumber dari Dana Desa TA. 2019.

Sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2018 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2019 Pasal 3 menyebutkan tentang prioritas penggunaan Dana Desa yang didasarkan pada prinsip-prinsip :

  1. Keadilan: mengutamakan hak dan kepentingan seluruh warga Desa tanpa membeda-bedakan;
  2. Kebutuhan Prioritas: mendahulukan kepentingan Desa yang lebih mendesak, lebih dibutuhkan dan berhubungan langsung dengan kepentingan sebagian besar masyarakat Desa;
  3. Terfokus: mengutamakan pilihan penggunaan Dana Desa pada 3 (tiga) sampai dengan 5 (lima) jenis kegiatan sesuai dengan kebutuhan sesuai dengan prioritas nasional, daerah provinsi, daerah kabupaten/kota dan desa, dan tidak dilakukan praktik penggunaan Dana Desa yang dibagi rata.
  4. Kewenangan Desa: mengutamakan kewenangan hak asal usul dan kewenangan lokal berskala Desa;
  5. Partisipatif: mengutamakan prakarsa, kreativitas, dan peran serta masyarakat Desa;
  6. Swakelola: mengutamakan kemandirian Desa dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan Desa yang dibiayai Dana Desa.
  7. Berdikari: mengutamakan pemanfaatan Dana Desa dengan mendayagunakan sumber daya Desa untuk membiayai kegiatan pembangunan yang dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat Desa sehingga Dana Desa berputar secara berkelanjutan di wilayah Desa dan/atau daerah kabupaten/kota.
  8. Berbasis sumber daya Desa: mengutamakan pendayagunaan sumber daya manusia dan sumber daya alam yang ada di Desa dalam pelaksanaan pembangunan yang dibiayai Dana Desa.
  9. Tipologi Desa: mempertimbangkan keadaan dan kenyataan karakteristik geografis, sosiologis, antropologis, ekonomi, dan ekologi Desa yang khas, serta perubahan atau perkembangan dan kemajuan Desa.

Berpijak dari dasar hukum diatas, Tim Pengelola Kegiatan Dana Desa TA. 2019 mengadakan rapat awal untuk perencanaan pelaksanaan kegiatan yang melibatkan para Ketua RT dan para perwakilan warga serta para calon tenaga kerja yang berasal dari lingkungan setempat dengan rencana kegiatan fisik. Untuk kegiatan pembangunan fisik/ infrastruktur yang sumber dananya dari Dana Desa TA 2019 tahap I ini, Pemerintah Desa Luwungbata akan segera melaksanakan kegiatan pembangunan Betonisasi jalan, Talud, dan perkerasan jalan di beberapa lokasi, diantaranya di wilayah RT 04 RW 01, RT 01 RW 02, RT 02 RW 02, RT 03 RW 02, RT 04 RW 02, RT 05 RW 02, RT 06 RW 02, dan di RT 07 RW 02.

Serangkaian kegiatan pembangunan fisik diatas akan dilaksanakan secara berkesinambungan dengan melibatkan tenaga kerja lokal secara swakelola.

About the author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *