Pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Luwungbata

Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) merupakan wadah pemberdayaan ekonomi masyarakat desa yang harus mulai dirintis oleh setipa desa pada tahun 2019. Sumber dana pembentukan BUMDes berasal dari APBN melalui Dana Desa dengan harapan BUMDes dapat menjadi tulang punggung perekonomian masyarakat di Desa Luwungbata. Tentunya hal itu dapat dicapai manakala BUMDes dikelola oleh sosok-sosok warga masyarakat yang mempunyai semangat, kemauan dan potensi untuk mengelola BUMDes melalui manajemen pengelolaan yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan memperhatikan potensi masyarakatnya.

Pada tanggal 28 Desember 2018 bertempat di Aula Rapat Balai Desa Luwungbata diadakan pembentukan BUMDes yang dipimpin oleh Ketua BPD Desa Luwungbata, Usman. Mauyawarah tersebut  dihadiri oleh Kepala Desa Luwungbata, Sihabudin beserta perangkat desa, dan Pendamping Desa Kecamatan Tanjung, Endang Kusworo. Hadir pula para perwakilan masyarakat yang dalam rapat itu mengagendakan pembentukan dan penamaan BUMDes Desa Luwungbata, disepakati bahwa BUMDes Desa Luwungbata dinamai BUMDes “Maju Bersama”. Diharapkan nama tersebut dapat menjadi tonggak awal semangat kebangkitan perekonomian masyarakat Desa Luwungbata.

“Dalam waktu dekat, kami juga akan mengutus salah satu perangkat desa yang ada untuk melakukan studi banding ke Desa Ponggok Kecamatan Umbulharjo Jabupaten Klaten yang merupakan desa yang menjadi ikon kesuksesan pengelolaan BUMDes, paling tidak agar dapat menimba ilmu dan kita dari sana”, ujar Kades Luwungbata, Sihabudin dengan penuh harapan.

Selanjutnya akan dibuka rekrutmen pengurus inti BUMDes, dan setiap anggota masyarakat mempunyai kesempatan yang sama sebagai pengelolanya sesuai dengan persyaratan yang berlaku.

About the author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *