Pamsimas Sebagai Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat di Desa Luwungbata

Di tahun 2019 ini, Desa Luwungbata merupakan salah satu desa di Kabupaten Brebes yang mendapatkan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) dari pemerintah pusat. Program Pamsimas di Desa Luwungbata diharapkan menjadi solusi atas kondisi kelangkaan air minum bersih khususnya pada musim kemarau. Dalam pelaksanaan Program Pamsimas tahun ini, tentunya dilaksanakan melalui tahapan-tahapan yang panjang, mulai dari tahap perencanaan, pemetaan wilayah, pemetaan jaringan dan tahap pelaksanaan teknis di lapangan.

Untuk itu, pada tanggal 4 Januari 2019 dilaksanakan kegiatan pendeteksian titik sumber air di beberapa lokasi di wilayah Desa Luwungbata Kecamatan Tanjung yang dianggap maksimal kandungan sumber airnya. Pendeteksian itu dilakukan oleh Tim Geolistrik dari Institut Teknologi Bandung (ITB), yang ternyata dari tiga lokasi survey yang dilaksanakan didapati lokasi di sebelah utara SD Negeri 2 Luwungbata yang sumber airnya cukup maksimal sebagai lokasi pengeboran pipa Pamsimas.

Diharapkan, program, Pamsimas ini dapat mencukupi kebutuhan air minum dan sanitasi masyarakat di wilayah RW 01 dan sebagian RW 01 yakni untuk Pedukuhan Bulakasem. “Secara teknis pengerjaan mudah-mudahan dalam waktu cepat dapat kita laksanakan, yang penting partisipasi masyarakat sangat tinggi dalam program ini agar termasuk dalam perawatan dan keberlanjutan pengelolaan program ini” , ujar Amin Mustakin selaku fasilatator program.

Pendeteksian/ survey lokasi titik sumber air juga dihadiri oleh Kades Luwungbata, Sihabudin dan Kader AMPL Desa Luwungbata, Yosi Nur Imanulloh, S.IP dan Duniksan. Untuk kedepannya pada tahun anggaran tahun berikutnya program Pamsimas dapa bersumber dari anggaran desa yang bersumber dari APBN melalui Dana Desa.

About the author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *