Pelaksanaan Verifikasi dan Validasi Basis Data Terpadu di Desa Luwungbata

Perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan bagi penduduk miskin dan rentan miskin adalah merupakan salah satu agenda utama Pemerintah. Untuk itu, agar program-program perlindungan dan penanggulangan kemiskinan bagi penduduk miskin dan rentan miskin kedepannya dapat sesuai sasaran maka Pemerintah Desa Luwungbata melaksanakan kegiatan Verifikasi dan Validasi Basis Data Terpadu (BDT) di Tahun 2019 ini. Kegiatan Verifikasi dan Validasi Basis Data Terpadu (BDT) di Tahun 2019 merupakan langkah lanjut dari Musyawarah Desa tentang Basis Data Terpadu (BDT) yang dilaksanakan sebelumnya yang melibatkan seluruh unsur masyarakat Desa Luwungbata Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes.

Dalam melaksanakan kegiatan Verifikasi dan Validasi Basis Data Terpadu (BDT) di Tahun 2019, Pemerintah Desa Luwungbata menerjunkan langsung ke masyarakat 7 orang Petugas Pencacah Lapangan (PCL) dan 3 orang Petugas Pengawas yang kesemuanya berasal dari unsur masyarakat sendiri. Diharapkan bahwa kegiatan verval ini akan selesai di bulan Mei 2019 dengan harapan mampu menyajikan informasi yang riil dan sesuai dengan potret masyarakan di lapangan.

 “Melalui kegiatan Verifikasi kami mencoba mencocokan data penduduk yang sebelumnya sudah masuk dalam BDT dengan kondisi mereka saat ini apakah masih memenuhi syarat untuk masuk dalam BDT,” ujar salah satu Timlak Verval BDT Desa Luwungbata, Yosi Nur Imanulloh.

BDT yang di verifikasi dan validasi ini nantinya tidak hanya menjadi acuan bagi program bantuan sosial dari Dinas Sosial melainkan juga bagi program pemerintah secara umum yang berkesesuaian, untuk mencapai kehidupan masyarakat desa yang lebih layak sesuai amanat undang-undang.

Salah satu Petugas Pencacah Lapangan Verval BDT Desa Luwungbata sedang berinteraksi dengan salah seorang responden (Kamis, 11/05/2019)

About the author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *